Langsung ke konten utama

Pondok Pesantren Darul Huda Mayak

                  PONDOK PESANTREN
                        DARUL HUDA MAYAK

Gambar terkait
   Pondok Pesantren Darul Huda adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di desa Tonatan kecamatan Ponorogo kabupaten Ponorogo.
Pondok Pesantren Darul Huda berdiri sejak tahun 1968 dengan menggunakan metode Salafiyatil Haditsah dengan maksud bahwa Pondok Pesantren Darul Huda melestarikan hal-hal lama yang baik dan mengembangkan hal-hal baru yang lebih baik dan bermanfaat.
Dengan metode tersebut santri-santri pondok pesantren Darul Huda dapat mempelajari ilmu-ilmu agama secara utuh dalam arti mempelajari ilmu-ilmu agama seperti Syari’at, Tauhid dan Tasawwuf , dalam rangka Tafaqquh fiddin juga mempelajari ilmu–ilmu umum seperti Fisika,Kimia,Biologi dan lain-lain dalam rangka “Tafakkur fi kholqillah”. Sehingga dengan metode tersebut akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada zaman yang serba modern ini.
  
    Lembaga-lembaga pendidikan di Ponpes Darul Huda:
  • Pondok Pesantren Putra – Putri Darul Huda
Menggunakan sistem klasikal dengan metode pengajaran salafi yang mengacu pada pengkajian kitab-kitab kuning yang mu’tabaroh.
  • Madrasah Miftahul Huda (MMH)
Mempunyai jenjang pendidikan 6 tahun dilanjutkan dengan program pasca MMH dengan jenjang pendidikan 2 tahun dengan kurikulum Pondok Pesantren Salafi masuk Sore (14.30-16.30WIB).
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Berstatus Terakreditasi "A" mempunyai jenjang pendidikan 3 tahun dengan kurikulum 2004 
(Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan KTSP (07.00 WIB-12.40 WIB.)
  • Madrasah Aliyah ( MA )
Berstatus Terakreditasi dengan predikat B plus ( nilai 446,85 ) mempunyai jenjang pendidikan 3 tahun dengan kurikulum 2004( Kurikulum Berbasis Kompetensi ) dan KTSP, (07.00-12.40 WIB)
 Dengan Program Pilihan :
  • Studi Ilmu Agama Islam (IAGA)
  • Studi Ilmu Sosial (IPS)
  • Studi Ilmu Alam (IPA)  
VISI
Berilmu, beramal dan bertaqwa dengan dilandasi akhlaqul karimah
MISI
Menumbuhkan budaya ilmu, amal dan taqwa serta akhlaqul karimah pada jiwa santri dalam pengabdiannya kepada agama dan masyarakat

PONDOK PESANTREN PUTRA PUTRI DARUL HUDA SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
  1. Penggunaan sistem klasikal dengan metode pengajaran salafi.
  2. Pembelajaran mengacu pada kitab-kitab kuning yang mu’tabaroh.
  3. Penggabungan antara sistem salafiyah dan haditsah (modern).
  4. Sistem pendidikan memakai sistem asrama (fullday study).
  5. Pendidikan melalui keteladanan dan pembiasaan akhlaq.
  6. Penggunaan sistem sorogan dan wekton.
  7. Pendidikan rohani melalui mujahadah ke makam auliya’, khataman Al-Qur’an dan lain-lain.
  8. Penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler, meliputi kursus Seni Kaligrafi, Hadroh (banjari, kompang dan kontemporer), Seni baca al-Qur’an, Olah Raga (Sepak Bola, Bola Volley, Futsal, Bulu Tangkis), Marching Band (putra) Drum Band (putri) dan lain-lain.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pondok Pesantren Nurul Qadim

          PONDOK PESANTREN NURUL QADIM A. Latar Belakang        Pondok Pesantren Nurul Qadim merupakan Pesantren terletak di Desa Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pondok Pesantren Nurul Qadim adalah peninggalan yang paling monumental dari KH. Hasyim atau yang lebih populer dikalangan masyarakat dengan sebutan Kyai Mino, yang pada awalnya hanya sebatas langgar angkring yang sangat sederhana baru pada tahun 1947 dibuatlah asrama yang sederhana dan terus dikembangkan hingga wujud Pondok Pesantren. Saat sekarang ini pondok Pesantren Nurul Qadim diasuh oleh KH. Nuruddin Musyiri dan adik beliau KH. Hasan Abdul Jalal setelah beliau menyelesaikankan pendidikanya di Pondok Pesantren Lirboyo, Sarang dan Krapyak, beliau berdua bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengembangkan Pondok. B.Sarana dan Prasarana      1.Putra   Masjid dua buah, putra dan putri, satu gedung Aula, tiga kantor Pondok dan Madrasah, empat belas lokal, enam puluh

Pondok Pesantren Darunnaja

     ➠ PONDOK PESANTREN DARUNNAJA   Pondok Pesantren Darunnajah didirikan pada tanggal 1 Agustus 1967. Pondok Pesantren PPAI Darun Najah beralamat di Jl. Pesantren No.51, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Kode Pos 65152. Lembaga pendidikan ini didirikan oleh Bapak K.H. Achmad Muchtar Ghozali dan hingga kini beliau adalah pengasuhnya. K.H. Achmad Muchtar adalah putera dari Bapak H. Ghozali dan Hj. Siti Ruqoyyah, putera dari desa Ngijo Karangploso Malang Jawa Timur.   VISI PONDOK    Visi Pondok Pesantren PPAI "Darun Najah" untuk membetuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan berwawasan serta beradab sesuai dengan idealitas insan " Ulul Albab " (Q.S. Ali Imron; 190-191).      MISI PONDOK    Misi yang diemban oleh Pondok Pesantren PPAI Darun Najah adalah sebagai berikut: Mengupayakan dan mengoptimalkan pendidikan akhlaq sesuai dengan tuntunan ajaran islam dalam Al-Qur'an dan Hadits.