Langsung ke konten utama

Pondok Pesantren Darul Fikri

    PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI      
       BRINGIN KAUMAN PONOROGO





Hasil gambar untuk pondok pesantren darul fikri bringin kauman ponorogo

   Pondok Pesantren Darul Fikri adalah sebuah lembaga pendidikan Islam di bawah Yayasan Darul Fikri Bringin, Kauman, Ponorogo, Jawa Timur yang didirikan dalam rangka ikut berpartisipasi dan berupaya dalam membina dan menyiapkan generasi muslim yang lurus aqidahnya (shahihul aqidah), berakhlak mulia (karimul akhlak) dan senantiasa meneladani jejak Rosululloh Shallallahu Alai Wasallam dan para Salafus Shalih.

    Kurikulum formal mengacu pada Kementrian Agama dan kurikulum berbasis Pesantren di terapkan di Pondok Pesantren Darul Fikri. kurikulum formal bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan nasional, sedangkan kurikulum berbasis pesantren menanamkan sikap dan prinsip hidup islami.

     Kurikulum pesantren juga juga mengajarkan kemampuan bahasa asing yaitu bahasa Arab dan Inggris dengan tujuan santri siswa bisa mendalami ilmu syar’i dan ilmu umum, sehingga mereka siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Lulusan Pondok Pesantren Darul Fikri akan memperoleh dua (2) ijazah yaitu ijazah dari pesantren dan ijazah dari pemerintah.

     Pondok Pesantren Darul Fikri terletak di desa Bringin, kecamatan Kauman, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sekitar 5 km ke arah barat daya dari pusat kota Ponorogo. Bagai sebongkah mutiara yang tertata nan indahnya, di antara tanah persawahan yang membentang di sebelah utaranya dan perumahan penduduk dengan segala kesederhanannya turut menghiasi panorama di sebelah timur, selatan dan barat. Diperindah dengan kelokan sungai  yang cukup besar di sebelah baratnya, yang acapkali luapan airnya di musim penghujan menggenangi komplek Pondok Pesantren ini.

    Pondok Pesantren Darul Fikri resmi berdiri pada tanggal 10 Juli 1991 yang diresmikan oleh Drs.Gatot Sumani, selaku bapak bupati Ponorogo kala itu. Adapun pendiri Pondok Pesantren Darul Fikri dan sekaligus sebagai pengasuhnya hingga kini adalah KH. Ahmad Juhaini, Lc. Beliau dilahirkan di desa Bringin, pada tanggal 27 September 1954. Beliau merupakan alumni Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, yang kemudian melanjutkan S1 di Islamic University Madinah Saudi Arabia dengan mengambil jurusan Ushuluddin.
   Pada awalnya Pondok Pesantren Darul Fikri hanya mengelola Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) saja, namun Alhamdulillah saat ini sudah didirikan Tarbiyatul Atfal (TA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Otomotif.

    Adapun untuk melatih para santri berorganisasi, maka dibentuklah sebuah organisasi pelajar yang dinamakan Organisasi Pelajar Darul Fikri yang disingkat OPDAF. Sedangkan untuk wadah silaturrohmi para alumni, dibentuklah Ikatan Alumni Darul Fikri (IKADA).
  
VISI  Pondok
   Mencetak kader dakwah yang berakidah shohihah (benar), tekun beribadah, berakhlakul karimah serta paripurna memadukan iman dan takwa (imtak) dan Ilmu Pengetahuan Teknologi (Iptek).

MISI
  • Menerapkan pendidikan yang berorientasi pada kecerdasan intelegensi, kecerdasan emosi, spiritual dan teknologi.
  • Membina peserta didik menjadi kader dakwah yang berbekal Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman Ahlu Sunnah Wal Jamaah.

MOTTO
  Berilmu, Beramal, dan Berdakwah

  JENJANG PENDIDIKAN  PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN PONOROGO
1.Tarbiyatul Athfal (TA)
2.Madrasah Ibtidaiyah (MI)
3.Kulliyatul Mu'allimin dan Mu'allimat (KMI) yaitu Pendidikan setingkat MTs dan MA dengan lama pendidikan 6 tahun.
4.Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Teknik Otomotif.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pondok Pesantren Darunnaja

     ➠ PONDOK PESANTREN DARUNNAJA   Pondok Pesantren Darunnajah didirikan pada tanggal 1 Agustus 1967. Pondok Pesantren PPAI Darun Najah beralamat di Jl. Pesantren No.51, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Kode Pos 65152. Lembaga pendidikan ini didirikan oleh Bapak K.H. Achmad Muchtar Ghozali dan hingga kini beliau adalah pengasuhnya. K.H. Achmad Muchtar adalah putera dari Bapak H. Ghozali dan Hj. Siti Ruqoyyah, putera dari desa Ngijo Karangploso Malang Jawa Timur.   VISI PONDOK    Visi Pondok Pesantren PPAI "Darun Najah" untuk membetuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan berwawasan serta beradab sesuai dengan idealitas insan " Ulul Albab " (Q.S. Ali Imron; 190-191).      MISI PONDOK    Misi yang diemban oleh Pondok Pesantren PPAI Darun Najah adalah sebagai berikut: Mengupayakan dan mengoptimalkan pendidikan akhlaq sesuai dengan tuntunan ajaran islam dalam Al-Qur'an dan Hadits.

Pondok Pesantren Nurul Qadim

          PONDOK PESANTREN NURUL QADIM A. Latar Belakang        Pondok Pesantren Nurul Qadim merupakan Pesantren terletak di Desa Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pondok Pesantren Nurul Qadim adalah peninggalan yang paling monumental dari KH. Hasyim atau yang lebih populer dikalangan masyarakat dengan sebutan Kyai Mino, yang pada awalnya hanya sebatas langgar angkring yang sangat sederhana baru pada tahun 1947 dibuatlah asrama yang sederhana dan terus dikembangkan hingga wujud Pondok Pesantren. Saat sekarang ini pondok Pesantren Nurul Qadim diasuh oleh KH. Nuruddin Musyiri dan adik beliau KH. Hasan Abdul Jalal setelah beliau menyelesaikankan pendidikanya di Pondok Pesantren Lirboyo, Sarang dan Krapyak, beliau berdua bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengembangkan Pondok. B.Sarana dan Prasarana      1.Putra   Masjid dua buah, putra dan putri, satu gedung Aula, tiga kantor Pondok dan Madrasah, empat belas lokal, enam puluh

Pondok Pesantren Darul Huda Mayak

                  PONDOK PESANTREN                         DARUL HUDA MAYAK    Pondok Pesantren Darul Huda adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di desa Tonatan kecamatan Ponorogo kabupaten Ponorogo . Pondok Pesantren Darul Huda berdiri sejak tahun 1968 dengan menggunakan metode Salafiyatil Haditsah dengan maksud bahwa Pondok Pesantren Darul Huda melestarikan hal-hal lama yang baik dan mengembangkan hal-hal baru yang lebih baik dan bermanfaat. Dengan metode tersebut santri-santri pondok pesantren Darul Huda dapat mempelajari ilmu-ilmu agama secara utuh dalam arti mempelajari ilmu-ilmu agama seperti Syari’at, Tauhid dan Tasawwuf , dalam rangka Tafaqquh fiddin juga mempelajari ilmu–ilmu umum seperti Fisika,Kimia,Biologi dan lain-lain dalam rangka “Tafakkur fi kholqillah”. Sehingga dengan metode tersebut akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada